Bangun Desa Mandiri Berbasis Desa Enterpreneur - Kubu Raya
Headlines News :
Home » » Bangun Desa Mandiri Berbasis Desa Enterpreneur

Bangun Desa Mandiri Berbasis Desa Enterpreneur

Written By Unknown on Kamis, 07 Juni 2012 | 10.36

Desa Enterpreneur merupakan konsep pengembangan desa mandiri berbasis wirausaha yang digeluti oleh masyarakat setempat dengan mengelola dan memanfaatkan sumber daya Alam. Konsep desa Enterpreneur ini didesain dengan membangun generasi enterpreneur masyarakat desa yang mana konsep kerja adalah sebagai wirausahawan dan tidak hanya sekadar menggali potensi alam. Dengan adanya konsep wirausaha ini, masyarakat akan dilatih bagaimana mengembangkan hasil yang mereka usahakan agar tidak sebatas untuk makan, namun dikelola menjadi barang yang bernilai ekonomi yang lebih tinggi. Sebagai contoh Kecamatan Rasau Jaya yang dikenal dengan lahan gambut yang sangat cocok untuk perkebunan Nanas. Dengan konsep desa Enterpreneur ini, petani tidak hanya memproduksi nanas yang kemudian menjual nanas tersebut dipasar, dapat uang, beli barang belanjaan kemudian pulang sampai kerumah sudah tidak memiliki uang karena habis untuk belanja hari itu juga. Lalu dimana usaha kita untuk mengembangkan pertaniannya? Dengan konsep Desa Enterpreneur kita berusaha mengubah konsep tersebut, petani yang menghasilkan nanas akan kita tahan nanas tersebut dan diwajibkan dijual di koperasi yang dibentuk oleh pelaksana. Kewajiban pelaksana dan koperasi adalah menciptakan industri pengolahan nanas menjadi barang jadi atau setengah jadi, misal seperti dibuat selai atau diolah menjadi minuman segar yang kemudian dipacking dengan sistem modern yang kemudian dipasarkan, bukankah hasilnya akan lebih bernilai jual lebih tinggi? Terlebih jika kita bisa menembus pasar ekspor. Dan ini adalah tugas pemerintah membuka jalur bagaimana produk desa tersebut bisa terekspose dimanca negara sehingga produk tersebut bisa tembus. Dengan konsep demikian, disamping hasil alam terkelola dengan baik, petani juga tidak khawatir dimana akan memasarkan produk mereka. Begitu juga dengan potensi lainnya, kita akan bermimpi tinggi jika kita hanya membahas potensi. Kita selalu bertanya potensi apa yang dimiliki oleh daerah ini, potensi apa yang dimiliki daerah itu dan lain sebagainya. Semuanya akan sia-sia dan buang-buang waktu dan tenaga untuk mengusut tentang potensi jika tanpa adanya pengelolaan berkelanjutan.
Hadirnya program enterpreneur ini diharapkan bisa membantu pemerintah didalam mengembangkan masyarakat terutama yang berada dipedesaan yang belum tersentuh pembangunan. Akan sangat dibutuhkan segala bentuk dukungan dari seluruh elemen masyarakat, partisipasi serta apresiasi mereka untuk menciptakan perbaikan ekonomi dan konsep pengelolaan sumber daya Alam.
Didalam pembangunan dan pengembangan desa Enterpreneur ini akan juga akan disiapkan tenaga khusus guna menumbuhkan, membina, melatih dan mengembangkan jiwa Enterpreneur dikalangan masyarakat desa agar semangat mereka untuk menjadi wirausahawan desa tidak pernah pudar. Pelatihan juga akan berisi pengembangan metode-metode didalam meningkatkan hasil produksi.
Pengelolaan dengan program Desa Enterpreneur ini diharapkan bisa menjadi wadah untuk menyalurkan dan memasarkan hasil alam yang telah diusahakan oleh masyarakat setempat. Disamping itu, selain sebagai media penyaluran kita juga akan mengusahakan pengolahan barang mentah menjadi barang setengah jadi maupun barang jadi yang kemudian dipasarkan ke masyarakat setempat maupun keluar daerah.
Konsep pengembangan desa Enterpreneur ini merupakan program yang sedang dirancang oleh mahasiswa Universitas Tanjungpura Fakultas Ekonomi Syafariah Dewi Lestari dibawah penanggung jawab oleh Ibu Helma Malini, SE. MM. Kita berharap program yang sangat baik ini bisa terlaksana dan bisa memberikan solusi segala permasalahan yang dihadapi masyarakat serta mendapat dukungan secara penuh dari Pemerintah Kabuipaten Kubu Raya.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Didukung Oleht : Blog Inspirasi Copyright © 2011. Kubu Raya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger